Kamis, 14 April 2016

5 Obat Tradisional Bagi Penderita Asam Urat Dan Rematik


Sistemhidupsehat.com - Meskipun asam urat dan juga rematik bukanlah penyakit yang sama, tapi ada beberapa obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati keduanya. Pada dasarnya, asam urat dan juga rematik memang bukanlah penyakit yang serupa.

Asam urat adalah penyakit yang juga merupakan rematik, akan tetapi jika rematik maka belum tentu juga tergolong asam urat. Jadi asam urat adalah sejenis dari rematik, berikut ini adalah beberapa obat tradisional yang bisa dipakai untuk mengobati rematik. Bagi Anda yang mempunyai asam urat atau rematik maka baca terus artikel ini sampai akhir tulisan ini, berikut ulasannya : 

1. Jahe

  • Jahe memiliki banyak manfaat, sebagai obat herbal jahe sangat baik untuk menjaga kondisi kesehatan. Bila ingin dipakai sebagai obat, jafi  caranya yaitu dengan menyiapkan jahe sebanyak 2 ibu jari. Jahe tersebut kemudian dipotong-potong dan juga sedikit diremukkan.
  • Lalu rebus jahe yang telah diremukkan tersebut dengan memakai air 1 gelas dan juga sedikit gula jika anda memiliki madu murni maka anda bisa menambahkannya sedikit. bila sudah matang, maka air tersebut dapat diminum dan ramuan ini bisa diminum setiap hari secara teratur agar hasilnya lebih maksimal.
2. Cengkeh

  • Untuk mengobati rematik dan asam urat, cengkeh juga bisa dipakai sebagai obat tradisional. Caranyapun cukup mudah yaitu dengan menumbuk cengkeh yang juga dicampur dengan jahe, takarannya 1 sama 1. Ramuan ini hanya bisa digunakan pada bagian luarnya saja, pada bagian yang terasa sakit. Oleskanlah ramuan ini secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal.
3. Kulit manggis

  • Obat tradisional yang berikutnya kulit manggis, caranya diiris kulit manggis tipis-tipis lalu dijemur hingga kering. Sesudah itu, masukkan kedalam gelas lalu seduh dengan memakai air panas. Tunggu sampai air berubah warna, kemudian minum air tersebut setiap hari, agar hasil yang maksimal.
4. Kumis Kucing dan Meniran 

  • Obat tradisonal yang berikutnya adalah kumis kucing dan meniran. Kedua tumbuhan tersebut mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit asam urat. Kandungan yang terkandung pada kumis kucing dan juga meniran diantaranya adalah kalium, damar, tanin, filatin, hipofilatin dan juga flavonoid. Bukan Cuma itu saja, ternyata kumis kucing juga memiliki kandungan senyawa osthosiphonin glikosida yang sangat bermanfaat untuk membuang kelebihan asam urat didalam tubuh. Adapun caranya adalah sebagai berikut cukup dengan menyiapkan 5 lembar daun kumis kucing dan 5 ranting kecil meniran. Sesudah itu rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air sehingga air tersisa setengahnya. Lalu Anda bisa meminum ramuan tersebut 2 kali sehari.
5. Akar pepaya gantung

  • Obat yang terakhir adalah Akar pepaya gantung ini sekiranya memang lebih condong dikhususkan untuk penyakit rematik, maka caranya yaitu dengan menyiapkan 5 potong akar pepaya. lalu cuci hingga bersih, untuk ukurannya yaitu sekitar jari. Sesudah itu, potonglah akar pepaya gantung  kecil-kecil dan ditambahkan 3 sendok makan lengkuas yang telah dihaluskan.
  • Lalu rebus bahan-bahan tersebut menggunakan 4 gelas air, rebuslah hingga yang tersisa yaitu sekitar 3 gelas. Lalu tambahkan juga gula aren sedikit saja. Ramuan ini bisa diminum sehari 3 kali dan dalam sekali minum yaitu sekitar setengah gelas.
Itulah sedikit ulasan yang bisa saya disampaikan mengenai cara mengatasi asam urat dan rematik memakai cara-cara tradisional. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.