Rabu, 13 April 2016

6 Jenis Penyakit Dapat Di Obati Dengan Serai


Sistemhidupsehat.com - Serai yang memiliki bau yang cukup harum dan memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan kita. dikarenakan keharumannya, banyak orang  menjadikan serai sebagai bahan baku untuk membuat sabun, lotion dan minyak. Selain itu juga serai dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 
Baca Juga : Tips dan Trik Sederhana Menghindari Resiko Kanker payudara
Serai sendiri memliki kandungan antibakteri dan antimikroba sehingga sangat cocok untuk mencegah infeksi. Selain itu juga serai memiliki kandungan senyawa analgesik yang sangat berguna untuk meredakan rasa sakit yang mengakibatkan sakit kepala, nyeri pada otot dan sendi. Manfaat lain dari serai itu sendiri adalah serai dapat digunakan untuk menurunkan panas, meluruhkan dahak, mengobati batuk, sebagai obat kumur dan penghangat badan.

Andapun bisa membuat sendiri serai sebagai obat-obatan tradisional seperti obat batuk, obat sakit gigi, obat maag atau obat keseleo dengan resep-resep sebagai berikut :

Obat Batuk

Resep Pertama :
  • Rebus 50 gram daun serai kering dalam 2 gelas air. Rebus sampai air menyusut hingga setengah gelas. Minum 3 kali sehari untuk mengusir batuk.
Resep Kedua :
  • Ambil akar serai sebanyak 5 gram. Cuci hingga bersih kemudian rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Bagi 2 hasil rebusan untuk diminum pada pagi dan sore hari.
Obat Sakit Gigi

Resep :
  • 40 gram daun serai segar direbus dalam 2 gelas air sampai air tinggal ½ gelas. Gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur untuk mengatasi sakit gigi.
Obat Keseleo atau Terkilir

Resep:
  • 2 batang serai, 3 buah kemiri dan sedikit air ditumbuk . Panaskan diatas api. Setelah cukup panas, tempatkan pada bagian yang terkilir.
Obat Sakit Maag

Resep:
  • 40 gram serai segar rebus dalam 2 gelas air dan biarkan sampai air tersisa ½ gelas. Minum 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.
Obat Pengusir Nyamuk 

Resep:
  • Letakkan daun serai beserta minyak zaitun dalam wadah aromaterapi. Nyalakan lilin yang ada di bawah wadah aromaterapi. Api yang menyala akan membuat wangi daun serai menyebar. Wangi ini tidak disukai nyamuk, sehingga bermanfaat untuk mengusir nyamuk.
Menghilangkan Nyeri dan Penghangat Tubuh 

Resep:
  • Anda dapat mengoleskan minyak serai pada tubuh untuk meredakan rasa nyeri sendi, pegal otot atau sakit kepala. Minyak serai yang diborehkan akan memberikan rasa hangat pada tubuh serta kandungan analgesik yang berguna mengurangi rasa nyeri. Minyak serai dapat dibeli pada apotik atau toko obat.

Catatan :

Minyak serai terasa begitu sangat panas, Oleh karna itu, alangkah baiknya minyak serai tersebut tidak digunakan secara langsung dikarenakan pada sebagian orang, minyak serai dapat menimbulkan iritasi kepada kulit, khususnya bila kulit Anda tergolong kulit yang sangat sensitif. Untuk menyiasatinya, Anda perlu menambahakan minyak pelarut sebelum menggunakan pada kulit hal tersebut bertujuan agar minyak yang akan dipakai tidak terlalu pekat. Oleskan dahulu pada area kecil pada kulit dan lihat apakah kulit mengalami iritasi atau tidak. Minyak serai juga tidak disarankan atau digunakan kepada wanita hamil dikarenakan dapat meningkatkan denyut jantung secara berlebihan.