Rabu, 13 April 2016

Cara Menjaga Dan Merawat Gigi Dengan Benar



Sistemhidupsehat.com - Anda pasti akan lebih senang bila  melihat orang tersenyum ketimbang orang yang muram. Senyuman merupakan daya tarik yang membuat seseorang akan terlihat lebih manis dan mudah untuk didekati. Dan ketika seseorang tersenyum, bagian pertama yang akan terlihat adalah gigi, maka sangat penting untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi supaya gigi tetap putih, gigi tidak berlubang dan tersusun rapi. Selain menjaga dan merawat gigi, jangan lupa untuk menjaga kesehatan mulut dan lidah supaya tidak menimbulkan bau mulut.

Menjaga Dan Merawat Gigi Agar Tetap Sehat

Apa saja sih yang sangat diperlukan untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut? Berikut ini adalah tips untuk menjaga dan merawat gigi dan mulut supaya tetap sehat dan indah:

Hindari Tusuk Gigi

Biasanya setelah selesai menikmati hidangan makanan, ada sebagian kecil makanan yang terselip di celah-celah gigi. Keadaan seperti ini bisa mengganggu dan bila dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan gigi rusak. Untuk mengeluarkannya, lebih baik menggunakan dental floss (atau biasa disebut benang gigi) ketimbang menggunakan tusuk gigi. Dengan menggunakan dental floss akan meminimalisir akan terjadinya gesekan dan benturan pada gigi dan gusi. Sebaliknya jika menggunaan tusuk gigi sangat memungkinkan terjadinya pergeseran gigi dan dapat melukai gusi sehingga dapat membuat gusi berdarah dan infeksi.
Baca Juga : Tips dan Trik Diet Tanpa Tersiksa
Menyikat Gigi

Sudah tahukah anda kalau menyikat gigi ada waktu-waktunya dan juga ada tekniknya. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi dan yang sangat dianjurkan adalah diwaktu pagi hari setelah sarapan dan diwaktu malam hari sebelum tidur, karena disaat kita tidur, tidak ada aktivitas produksi ludah. Akibatnya, bila ada sisa-sisa makanan, dapat menimbulkan bakteri dan kuman aktif. Sisa-sisa makanan yang mengandung asam dan gula dapat melemahkan enamel gigi dan dapat meningkatkan risiko gigi berlubang. Nah untuk tekniknya sendiri ada beberapa point yang harus diperhatikan dengan benar, adapun teknik menyikat gigi dengan benar adalah sebagai berikut :

1.    Sikatlah gigi dengan tekanan yang ringan.
  • Menekan terlalu keras pada gigi dapat  merusak gigi dan gusi. Gusi bisa dengan mudah berdarah dan sangat sensitif terserang infeksi. Karena bermasalah, gusi jadi tidak sempurna untuk menyangga gigi dan dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi atau gigi menjadi tanggal.
2.    Arah menyikat gigi yang benar.
  • Arah saat menyikat gigi yang benar adalah vertikal satu arah mulai dari pangkal sampai ke ujung gigi. Ini bertujuan agar sisa-sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi bias tersapu keluar dan perbatasan gusi dan gigi tidak terkikis. Sementara arah sikatan untuk gigi geraham adalah sikat permukaan kunyah dengan melakukan gerakan ke kanan dan kiri seperti menyapu atau gerakan melingkar.
3.    Durasi Waktu Menyikat Gigi.
  • Durasi waktu saat sedang menyikat gigi yang sangat ideal adalah 2-3 menit kalau menyikat gigi terlalu cepat, gigi akan sangat kurang bersih tetapi kalau terlalu lamapun dapat menyebabkan mengikisnya email gigi dan mengiritasi gusi.
4.    Menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut.
  • Bulu sikat yang terlalu keras dan kaku dpat  merusak email gigi. Sebelum menyikat gigi pastikan bulu sikat rapi dan tidak keluar dari barisan.
5.    Memilih sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil.
  • Ukuran kepala sikat yang sesuai dengan rahang dapat membuat gigi tampak lebih bersih dikarenakan hal tersebut dapat menjangkau bagian-bagian yang terdalam dan tersulit dari gigi.
Berkumur dengan Mouthwash

Selesai menyikat gigi, disarankan selalu berkumur dengan mouthwash yang mengandung antiseptik. Ini sangat berguna untuk melindungi gigi dari plak. bagi mulut yang sedang mengalami masalah, misalnya mengalami luka pada gusi bias menggunakan mouthwash yang mengandung antibiotik.

Bersihkan Lidah

Perhatikan permukaan lidah berbentuk seperti “bukit lembah” jika iya itu berarti terdapat celah-celah pada permukaan lidah yang sangat perlu dibersihkan. Kotoran tidak dapat hilang apabila hanya dengan berkumur saja. Cara membersihkan lidah adalah dengan mengerok permukaan lidah menggunakan sikat gigi atau alat khusus untuk mengerok lidah.

Batasi Mengkonsumsi Gula dan Asam
Usahakan batasi makanan dan minuman yang mengandung gula dan juga asam seperti halnya permen, cokelat, dan soft drink. Karbohidrat sederhana yang terkandung di dalamnya sangat-sangat disukai oleh bakteri. Bakteri akan membuat plak yang bisa mengubah gula menjadi asam. Asam bisa mengikis enamel gigi dan membuat gigi berlubang. Akan sangat baik, bila setelah mengkonsumsi gula ataupun asam, sempatkan waktu untuk menyikat gigi anda.
Membatasi Mengkonsumsi Kopi dan Teh
Kandungan tannin yang terkandung pada teh dan juga kopi dapat mengubah warna lapisan luar gigi atau enamel. Pewarna yang terdapat pada minuman berwarna lain, seperti wine, sirup ataupun minuman bersoda lainnya juga bisa menimbulkan noda pada gigi.

Dan nodanya itu sendiri akan sangat mudah terbentuk pada permukaan gigi yang kasar dan itu  disebabkan karena plak atau anatomi gigi yang tidak rata. Cara pencegahannya adalah minum menggunakan sedotan dan batasi konsumsi sebanyak 1-2 cangkir sehari.

Tidak Merokok
Ketika sedang menghisap rokok, asap rokok dan jutaan zat kimia lainnya yang terdapat pada sebatang rokok akan mudah masuk kedalam mulut dan mempengaruhi jaringan dan juga organ yang terdapat dalam mulut, termasuk gigi.

Panas asap rokokpun juga bisa mengurangi produksi ludah dan itu dapat menyebabkan bau mulut, menyebabkan mulut menjadi kering dan itu akan menjadikan kondisi mulut menjadi tempat yang cocok dan nyaman untuk berkembangbiaknya sebuah bakteri.

Menggunakan Pemutih Gigi
Efek negatif, yang ditimbulkan dari penggunaan pemutih gigi adalah gusi menjadi lebih sensitif. Maka, bila ingin melakukan pemutihan gigi, cek dulu apakah gusi Anda sehat dan aman untuk melakukan prosedur tersebut.

Pemutih gigi yang terdapat di pasaran seperti pemutih pada odol, strip dan kuas bisa digunakan bila kandungannya dibawah 3% dan kandungan pemutihnya tersebut bernama hydrogen peroksida. Teliti juga selalu apakah produk-produk tersebut memiliki izin dari badan kesehatan.
Periksakan Gigi Dokter

Sakit atau tidak gigi, sebaiknya Anda selalu rutin mendatangi dokter gigi 6 bulan sekali. Tujuannya adalah untuk memeriksakan kesehatan gigi dan juga mulut. Bila tidak ada masalah, Anda bisa membersihkan karang gigi.