Jumat, 15 April 2016

Rajin-rajin Pijat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan





Sistemhidupsehat.com - Pijat dan urut untuk orang indonesia bukanlah hal yang baru. Pijat dan urut sangat sering digunakan untuk mengobati bagian tubuh yang pegal, nyeri otot, terkilir dll. Hingga saat ini ahli terapi pijat pun tak kalah banyaknya dari pijat tradisional sampai pijat modern.

Memijat tubuh dengan rajin ternyata memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Selama ini kita beranggapan bahwa pijat hanyalah sekedar melemaskan otot-otot yang tegang yang dapat  memberi efek relaksasi. Akan tetapi pijat tubuh itu sesungguhnya suatu hal yang merupakan investasi kesehatan yang sangat berguna jika kita rutin melakukannya. Misalnya pijat seminggu sekali atau dua minggu sekali. 
Jenis-jenis  pijat
Orang Indonesia mengenal berbagai jenis pijat tubuh, bahkan beberapa diantaranya bahkan sangat-sangat populer. Berikut diantaranya :


1.    Pijat Thailand.
  • Pijat ini merupakan  jenis pijat yang menggunakan tangan, kaki, siku, tubuh, dan teknik menekan, memutar, menarik akan tetapi tetap menjaga keseimbangan saat sedang memijat.
2.    Pijat tradisional.
  • Pijat ini merupakan jenis pijat yang  menggunakan oil di dalam pemijatannya, untuk proses pemijatan jenis pijat tradisional ini dilakukan dengan memakai teknik urut  dari  jari-jari yang disertai kekuatan telapak tangan. Jenis pijat tradisional ini sangat cocok untuk terapi pengobatan dan relaksasi.
3.    Pijat refleksi.
  • Pijat ini merupakan jenis pijatan pada daerah telapak kaki atau punggung kaki dimana terdapat titik-titik refleksi yang terhubung dengan seluruh  organ tubuh lainnya. Untuk proses pemijatan jenis  pijat refleksi ini  dilakukan dengan kekuatan jari-jari tangan atau dengan alat bantu pijat, misalnya kayu atau bambu.
4.    Shiatsu atau pijat Jepang.
  • Pijat ini merupakan jenis pijat yang menggunakan kekuatan seluruh jari dari jempol sampai kelingking. Untuk proses pemijatan jenis  pijat shiatsu tanpa memakai oil.
Manfaat pijat untuk  kesehatan

1.    Dipercaya dapat mengurangi rasa sakit.
  • Memiijat pada tubuh dipercaya dapat mengurangi nyeri sendi, migraine kronis, dan dapat mengurangi ketegangan pada otot leher dan bahu.
2.    Detoksifikasi racun.
  • Memijat dapat meningkatkan kemampuan kelenjar getah bening yang bersama-sama darah, bertugas mensuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, dan selanjutnya mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
3.    Dapat mengurangi kelelahan.
  • Memijat tubuh yang dilakukan pada otot yang tegang akan menstimulasi otak untuk melepaskan rasa lelah dan merasakan sensasi lebih bebas.
4.    Membuat olahraga jadi maksimal.
  • Aktifitas olahraga yang berlebihan sering menimbulkan rasa sakit, nyeri dan pegal-pegal. Memijat pada tubuh bisa mengurangi perasaan tersebut, dan bila dilakukan secara rutin dapat meningkatkan ketahanan pada tubuh dan otot saat berolahraga sehingga tidak cepat lelah. Rajin memijat juga dapat mempercepat pemulihan otot setelah berolahraga. 
5.    Fungsi tubuh lebih optimal.
  • Memijat tubuh yang dilakukan didaerah kulit akan menyehatkan kulit, dan dampak yang akan dirasakan juga oleh organ dalam kita. Sehingga fungsi tubuh yang lain dan pikiran jadi lebih optimal.
6.    System pernafasan lebih sehat.
  • Ketika dipijat, tubuh dengan sendirinya akan bernafas lebih pelan dan dalam. Aktifitas menarik nafas dalam-dalam kemudian mengeluarkannya dengan pelan-pelan akan membuat peredaran oksigen jauh  lebih mudah mengalir ke dalam tubuh sehingga membantu proses penyembuhan dan menyehatkan system pernafasan.
7.    Kesehatan lebih terjaga.
  • Rajin-rajin memijat akan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seperti meningkatnya system kekebalan tubuh, tidur jadi lebih berkualitas, meningkatkan peredaran darah, dan ketegangan otot jadi berkurang.
8.    Persendian lebih lentur dan tidak kaku.
  • Terlalu banyak beraktifitas dan terlalu banyak menggerakkan sendi bisa berdampak buruk pada kesehatan dan pertumbuhan. Memijat tubuh akan mengurangi ketegangan pada sendi dan mengembalikan kelenturan sendi setelah tubuh beristirahat. Bila  merasakan persendian sakit setelah dipijat, itu bisa jadi tanda-tanda adanya titik ketegangan di tubuh kita. Oleh sebab itu memijat tubuh secara  rutin perlu dilakukan untuk memulihkan persendian yang sakit.
9.    Postur tubuh lebih ideal.
  • Memijat tubuh sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tulang belakang dan otot disekelilingnya jadi lebih lentur dan fleksibel. Secara tidak langsung hal tersebut  akan membuat postur tubuh lebih baik dan lebih ideal.