Sabtu, 07 Januari 2017

Pengobatan Batu Ginjal Alami Tanpa Operasi



Penyebab batu Ginjal Dan Pengobatan – Batu ginjal merupakan batu yang berada di saluran kandung kemih, batu ini akan menyumbat ureter sehingga dapat menimbulkan nyeri pada punggung. Selain itu gejala batu ginjal bisa ditandai dengan perut menggelembung, darah pada air kemih, muntah dan mual, serta demam. Jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan penekanan terhadap ginjal sehingga dapat memicu kerusakan pada ginjal.

Penyebab batu ginjal

Ada beberapa jenis batu ginjal menurut komposisinya. Namun biasanya kasus yang paling banyak ditemui yaitu akibat pengkristalan kalsium oksalat. Berikut adalah beberapa penyebab batu ginjal.
• Salah satu penyebab batu ginjal yang paling umum yaitu karena kekurangan cairan tubuh. Ketika Anda kurang minum, maka tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga ginjal tidak akan mampu melarutkan serta membuang garam kalsium dari dalam tubuh. Hal lain yang dapat menjadi penyebab batu ginjal yaitu akibat penggunaan vitamin D dalam dosis yang tinggi, faktor makanan serta akibat metabolisme yang terganggu.

• Batu asam urat merupakan indikasi akan kandungan asam urat yang terdapat pada ginjal. Karena hal ini, seseorang bisa mengalami dehidrasi hingga kronis.

• Batu struvite yaitu batu ginjal yang lebih besar ukurannya dari batu kalsium. Penyebab batu ginjal jenis ini bisa disebabkan karena saluran urine mengalami infeksi. Bakteri ini akhirnya mengeluarkan amonia sehingga pH urine jadi meningkat dan akan membuang magnesium berlebih.

• Penyebab batu ginjal lainnya yaitu karena faktor genetik. Penyakit ginjal yang disebabkan akibat karena faktor keturunan disebut cystinuria dengan kondisi kadar asam amino yang tinggi pada urine.

Cara alami mengobati batu ginjal


1. Banyak minum air
Seperti telah di bahas di atas, penyebab batu ginjal juga bisa karena tubuh mengalami dehidrasi. Jadi solusinya adalah lebih banyak minum air putih untuk menjaga saluran urine tetap bersih dan sehat. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih untuk setiap harinya. Cara ini merupakan cara yang paling baik untuk mengatasi penyakit batu ginjal karena air mampu melarutkan racun dan penyebab batu ginjal.

2. Konsumsi buah semangka
Tahukah Anda, buah semangka sangat baik untuk penderita batu ginjal. Ini karena kandungan yang terdapat pada buah semangka mampu menghancurkan batu pada ginjal. Melon juga termasuk dalam kategori buah penghilang batu ginjal karena masih memiliki kekerabatan yang dekat dengan semangka. Makanlah buah-buahan tersebut secara rutin. Boleh dibuat jus atau dimakan langsung.

3. Jus lemon dan minyak zaitun
Kombinasi minyak zaitun dan jus lemon juga cukup efektif untuk membantu menghancurkan batu ginjal. Campurkan keduanya dengan komposisi yang sama dan minumlah dengan rutin agar penyakit batu ginjal segera sembuh.

4. Rutin olahraga
Olahraga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Olahraga juga dapat mencegah serta mengobati penyakit batu ginjal. Lakukan olahraga dengan teratur setidaknya 3 kali dalam satu minggunya. Dengan olahraga teratur, Anda akan tetap sehat dan bugar karena kekebalan tubuh meningkat.

5. Kurangi asupan oksalat
Oksalat adalah zat penyebab batu ginjal. Beberapa sayuran hijau seperti bayam juga terbukti mengandung oksalat, terutama saat dimasak.

6. Konsumsi herbal
Ada beberapa herbal yang terbukti ampuh atasi batu ginjal seperti bunga dandelion atau buchu. Cara ini bisa jadi alternatif pengobatan batu ginjal secara alami.

Itulah beberapa penyebab serta gejala batu ginjal yang perlu Anda ketahui, sebaiknya jika batu ginjal semakin parah, segeralah konsultasika ke Dokter untuk penanganan lebih intensif lagi. Semoga informasi penyebab dan obat batu ginjal ini bisa bermanfaat.

Sumber Artikel : www.nitips.com

0 komentar:

Posting Komentar